RPP
Ditujukan untuk memenuhi tugas mocroteaching
Ditujukan untuk memenuhi tugas mocroteaching

Disusun:
Nina Wirdianti 1210206066
PENDIDIKAN BIOLOGI- B
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2012
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMA NEGERI BANDUNG
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester :
X11/2
Tema : Evolusi
Sub Tema : Kecenderungan Baru Tentang
Teori Evolusi
Pertemuan ke : 8 ( Delapan )
Alokasi
waktu : 1
X 20’
I.
Standar
Kompetensi
4. Memahami teori
evolusi serta implikasinya pada salingtemas
II.
Kompetensi
Dasar
4.3
Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi
III.
Indikator
Kompetensi
1. Menjelaskan teori evolusi netral
IV.
Karakter
yang Diharapkan
1. jujur
2. kerja keras
3. Toleransi
4. Rasa ingin tahu
5. Komunikatif
6. Menghargai prestasi
7. Tanggung jawab
8. Peduli lingkungan
V.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
menyimak penjelasan guru dan melakukan diskusi mengenai teori evolusi netral di
kelas, siswa dapat menjelaskan maksud dari teori evolusi netral dengan benar.
2.
Setelah
menyimak penjelasan guru dan melakukan diskusi mengenai beberapa pandangan baru tentang teori evolusi, siswa dapat menjelaskan dan
menyimpulkan pandangan baru
tentang teori evolusi yang mencakup gagasan evolusi Darwin
dengan teori penciptaan, penemuan model dna oleh Watson dan Crick, hukum
penemuan sifat menurut mendel, serta paleontologi dengan benar.
VI.
Materi
Ajar
A. Teori evolusi netral
B. Beberapa pandangan baru tentang teori
evolusi
( Dilampirkan)
VII.
Metode
Pembelajaran
1.
Model Pembelajara : TTW (Think Talk
Write)
2. Pendekatan : Konsep
Konstruktivisme
3. Metode : Metode Ceramah
Metode Diskusi
Metode Penugasan
VIII.
Kegiatan
Pembelajaran ( 2 menit )
A. Kegiatan Pendahuluan
1. Membuka Pelajaran :



2. Apersepsi :


1.
Guru
terlebih dahulu menggunakan pendekatan konsep dalam menjelaskan materi mengenai
teori evolusi netral dan beberapa pandangan baru tentang teori evolusi.
2.
Guru
menyampaikan cara belajar menggunakan model pembelajaran TTW, yakni siswa
dibagi menjadi 4 kelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari 5 orang. Selanjutnya
siswa diminta membaca teks bacaan berupa lembar aktivitas siswa yang memuat
permasalahan, lalu siswa ditugaskan membuat
catatan hasil bacaan secara individual (think) yang berisi hasil bacaan dari teks bacaan
disertai pengetahuan awal yang dimiliki siswa, hasil diskusi kelompok, dan
hasil diskusi umum yakni hasil diskusi tiap kelompok sehingga tiap siswa
dituntut aktif dan menyimak proses diskusi, setelah diskusi kelompok selesai
maka selanjutnya perwakilan tiap kelompok diminta mempresentasikan hasil
diskusi kelompoknya. Kelompok dengan hasil diskusi dan presentasi
terbaik akan diberikan bintang sebagai penghargaan, begitu pula untuk individu,
hasil catatan terbaik akan diberikan bintang sebagai penghargaan, sehingga pada
kegiatan ini siswa diharapkan memiliki motivasi tinggi dalam pelaksanaan
pembelajaran. Pemberian penghargaan untuk individu akan diumumkan pada
pertemuan selanjutnya.
B. Kegiatan Inti ( 16 menit )
B.1. Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :

B.2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:



( Teks Bacaan Dilampirkan )





B.3.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi:

C. Kegiatan Penutup ( 2 menit )
Dalam
kegiatan penutup:


1.
Siswa
ditugaskan membuat catatan hasil bacaan secara individual yang berisi hasil bacaan dari teks bacaan
disertai pengetahuan awal yang dimiliki siswa, hasil diskusi kelompok, dan
hasil diskusi umum yakni hasil diskusi tiap kelompok. Catatan yang dibuat
dituntut berisikan penjelasan yang menjelaskan tentang evolusi netral disertai
kesimpulan menurut pendapat masing-masing siswa.
2.
Guru
memberikan soal tertulis berupa uraian kepada siswa, kemudian jawaban
pertanyaan dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.
IX.
Penialaian
Hasil Belajar
Indikator pencapaian kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
Menjelaskan teori evolusi netral
|
Penugasan
|
Tagihan
|
1.
Baca teks dibawah ini kemudian jawablah pertanyaannya dalam bentuk
catatan secara individu, cantumkan pula kesimpulan dari hasil diskusi
kelompok dan hasil diskusi umum dalam catatan tersebut!
![]()
Coba amati kalimat diatas, coba anda jelaskan apa yang dimaksud kedua
teori tersebut, dan apa perbedaan dari kedua teori tersebut, kemudain
simpulkanlah menggunakan cara penjelasan dan gaya bahasa sendiri!
JAWABAN:
![]()
Apa yang anda dapat disimpulkan berdasarkan bacaan tersebut, apabila
dihubungkan dengan teori evolusi yang ada..? jelaskan!
JAWABAN:
2.
Jelaskan apa yang dimaksud dari evolusi netral secara singkat?
JAWABAN:
3.
Jelaskan apa yang anda ketahui mengenai gagasan evolusi Darwin dengan
teori penciptaan, penemuan model dna oleh Watson dan Crick, hukum penemuan
sifat menurut mendel, serta paleontologi? kemudian simpulkanlah!
JAWABAN:
|
v
Penskoran
:
1. No 1 :




2. NO 2


3. Jawaban yang benar dan tepat pada
jawaban mengenai:




Masing –
masing diberikan skor 20, sehingga apabila jawaban semuanya benar akan
didapatkan skor 80. Sedangkan jawaban yang kurang tepat diberikan skor <15,
sehingga akumulasi nilai dari soal no nya <80.
Cara
Penilaian yakni dengan menggabungkan skor soal no 1 dan skor no 2 + no 3
kemudian dibagi 2, yakni:
Skor akhir =
=

X.
Sumber
Belajar
-
Buku
Sumber
Pratiwi,dkk.
2007. Biologi untuk SMA Kelas XII.
Jakarta : Erlangga
Pujianto,
Sri. 2008. Menjelajah Dunia Biologi 3.
Solo: Platinum\
-
Alat/Media
Laptop, LCD,
kertas karton, daftar hadir siswa, gambar/slide, brosur, white board, spidol,
penghapus.
Bandung, 5 November 2012
MengetahuiKepala
Sekolah Guru
Bidang Studi
M. Nahfiyadin, Mpd Nina Wirdianti, SPd
__________________________ __________________________
NIP. 1120206066 NIP. 1210206066
LAMPIRAN
TEKS
BACAAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA
1.
Baca
teks dibawah ini kemudian jawablah pertanyaannya dalam bentuk catatan secara
individu, cantumkan pula kesimpulan dari hasil diskusi kelompok dan hasil
diskusi umum dalam catatan tersebut!

Coba
amati kalimat diatas, coba anda jelaskan apa yang dimaksud kedua teori
tersebut, dan apa perbedaan dari kedua teori tersebut, kemudain simpulkanlah
menggunakan cara penjelasan dan gaya bahasa sendiri!

Apa
yang anda dapat disimpulkan berdasarkan bacaan tersebut, apabila dihubungkan
dengan teori evolusi yang ada..? jelaskan!
TUGAS
1.
Jelaskan
apa yang dimaksud dari evolusi netral secara singkat?
2. Jelaskan
apa yang anda ketahui mengenai gagasan evolusi Darwin dengan teori penciptaan,
penemuan model dna oleh Watson dan Crick, hukum penemuan sifat menurut mendel,
serta paleontology? kemudian simpulkanlah!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar